Penel「Betting software」itian Otopsi Psikiatrik Bunuh Diri 2 Seniman Dijadikan Buku

  • 时间:
  • 浏览:0
  • 来源:FormalBaccarat

UBetting Betting softwaresoftwarentuBetting softwarek dapat menjelaskan mengenai penyebab seserang memutuskan untuk melakukan bunuh diri, diakui Nova, adalah hal yang sulit.

Di Indonesia data nasional mengenai bunuh diri, kata Nova, memang agak sulit didapatkan karena tidak terkumpul datanya, entah perihal jumlah kasus ataupun penyebabnya.

Lantas mengapa seseorang bisa melakukan dan berniat untuk mengakhiri hidupnya dengan bunuh diri?

Sesuai dengan masa hasil penelitian yang ia lakukan, yaitu pada tahun 2007, Nova pun mengambil data 2005 oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) bahwa angka kematian akibat bunuh diri di Indonesia sebesar 24 kematian setiap populasi 100.000 orang.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.

Daftarkan email

"Ya kita itu kalau presentasi, atau data agak susah, bukan cuma untuk yang kasus bunuh diri saja, banyak persoalan di kita (Indonesia) kalau ditanya data, enggak ada," kata Nova, di Gedung Kompas Gramedia Jakarta, Senin (9/3/2020).

Baca juga: Goo Hara Meninggal, Terapi Ini Bisa Hentikan Keinginan Bunuh Diri

KOMPAS.com - Bunuh diri menjadi hal yang ramai diperbincangan masyarakat saat peristiwa itu terjadi di sekitar kita. Sayangnya, bukan dijadikan pelajaran justru tidak sedikit orang yang mencemooh kejadian itu dan tidak jarang keluarga yang ditinggalkan juga ikut kena imbasnya.

Nova mendapati jawaban ini dari penelitian yang ia lakukan tentang kematian bunuh diri dua orang pelukis kontemporer di Yogyakarta saat tugas akhir skripsinya.

Pada penelitian lainnya yang dilakukan tahun 2004, disebutkan gangguan mental yang dapat mengakibatkan seseorang mengambil tindakan bunuh diri di antaranya karena beberapa faktor.

Tertarik dengan pertanyaan yang mendasar dan sering terucap oleh banyak orang, seorang dokter jiwa lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI), Nova Riyanti Yusuf, mencoba menelusuri dan menemukan beberapa sebab bunuh diri bisa terjadi.

Baca juga: Sulli f(x) Bunuh Diri, Begini agar Orang Terdekat Tak Lakukan Hal Sama

Dengan faktor kondisi yang sama, cara setiap orang menyikapi kondisinya akan berbeda, ada yang mengambil tindakan bunuh diri, tetapi juga sebagian besar lainnya tidak memilih melakukan bunuh diri itu.

Sedangkan dalam sebuah penelitian tahun 1999 menyebutkan, 90 persen pasien bunuh diri memang disertai dengan adanya gangguan mental.

Menurut Nova, bunuh diri merupakan masalah yang kompleks karena tidak diakibatkan oleh penyebab atau alasan tunggal.